Chat!

Hubungi Kami






Properti Masih Investasi Favorit

Saat ekonomi sedang lesu, investasi juga melambat. Namun, properti masih menjadi favorit orang Indonesia di antara semua instrumen investasi. Risiko yang bisa lebih ditekan dan diperhitungkan, jadi alasan kecenderungan tersebut.

Survei dari sebuah lembaga keuangan, seperti dikutip Kontan Edisi Khusus September 2015, menguatkan preferensi itu. Banyak orang di Indonesia, menurut survei tersebut, yang merasa sudah berinvestasi ketika telah membeli properti. Investasi properti pun oleh banyak orang diklaim sebagai dana pensiun.

Risiko yang lebih sedikit, menjadi dasar dari preferensi ini. Sama halnya dengan instrumen investasi lain yang menawarkan banyak keuntungan, properti juga berisiko besar.

Read more: Properti Masih Investasi Favorit

Tinggal di Apartemen, Jangan Takut Tidak Bisa Bercocok Tanam!

Menanam tanaman di rumah, memiliki banyak kelebihan. Selain menambah estetika ruangan interior maupun eksterior, tanaman juga berfungsi menyaring udara sehingga lingkungan lebih sehat.

Ada banyak manfaat tambahan yang bisa kita dapatkan dengan menanam dan memelihara sayur dan buah yakni bisa dikonsumsi. Tanaman ini, tidak hanya bisa ditanam di rumah, tetapi juga bisa di apartemen sekalipun.

"Banyak orang yang merasa kesulitan atau merasa minder tinggal di apartemen karena tidak bisa menanam tanaman konsumsi. Sebenarnya tidak masalah. Karena, berkebun bisa memanfaatkan ruang yang ada bahkan dengan satu meter persegi," ujar arsitek sekaligus desainer interior Sigit Kusumawijaya kepada Kompas.com, Rabu (13/1/2016).

Menurut dia, saat ini sudah banyak yang menerapkan penanaman tanaman di polybag dan disusun secara vertikal. Cara ini populer dengan istilah taman vertikal atau vertical garden.

Read more: Tinggal di Apartemen, Jangan Takut Tidak Bisa Bercocok Tanam!

Malaysia Dilanda Tren Desain Ramah Lingkungan

Untuk mendorong masyarakat menggunakan energi yang lebih sedikit, Malaysia mempromosikan Green Building Index (GBI). GBI memiliki penilaian-penilaian tertentu terhadap suatu bangunan yang memenuhi standar hijau.

President C.I.S Network Sdn Bhd Malaysia Dato' Vincent Lim mengatakan, penduduk di Malaysia sudah mulai mengganti gaya hidupnya menjadi lebih sadar lingkungan.

Read more: Malaysia Dilanda Tren Desain Ramah Lingkungan

Mau Untung? Jual Rumah Murah

Pelemahan ekonomi membuat penjualan rumah anjlok dan meleset dari target yang ditetapkan sebelumnya.

Namun, penurunan ternyata hanya terjadi pada pasar rumah kelas menengah atas. Sebaliknya, untuk pasar rumah murah, justru terjadi anomali.

Beberapa pengembang malah menangguk untung karena penjualan selama 2015 melebihi ekspektasi.  

Read more: Mau Untung? Jual Rumah Murah

Mau Ubah Sertifikat HGB Jadi HM? Cermati Dulu Kriterianya!

Pemilik tanah dengan status sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) bisa meningkatkan statusnya menjadi Hak Milik (HM). Tapi, tak semua tanah berstatus HGB bisa diubah jadi HM.

Read more: Mau Ubah Sertifikat HGB Jadi HM? Cermati Dulu Kriterianya!