Chat!

Hubungi Kami






6 Jurus Cegah Jamur Merajalela

Noda lembab dan bercak-bercak jamur pada dinding rumah bukan sekadar mengganggu secara estetika, tetapi juga dapat mengganggu kesehatan.

Spora jamur yang beterbangan di udara dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui jalur pernafasan. Hal ini dapat menyebabkan serangan penyakit bagi orang yang mengidap alergi dan gangguan saluran nafas lainnya seperti asma.

Walaupun demikian orang yang sehat pun tak luput dari serangan jamur. Hal ini tergantung pada ketahanan tubuh masing-masing. Serangan jamur yang kronis dapat menimbulkan infeksi paru juga gatal-gatal pada kulit.

 

 artikel 5 (Rma)

Bagaimana caranya agar rumah terjaga dari serangan jamur? Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.

 

  1. Secara umum, spora jamur yang terdapat pada debu sangat suka hidup dan berkembang biak pada temperatur ruang yang hangat dan kondisi yang cukup lembap. Karena itu, usahakan agar rumah terhindar dari lembap dengan membuat banyak ventilasi.
  1. Jangan meletakkan perabot (khususnya yang terbuat dari kayu) menempel pada dinding, agar perabot pun mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kelembaban pada perabot.
  2. Jangan mengisi lemari terlalu penuh. Karena lemari yang terlalu padat berisi barang kurang mendapatkan sirkulasi udara yang baik, sehingga menimbulkan kelembaban.
  3. Bersihkan dan perbaiki segera bagian-bagian yang terkena serangan jamur, agar serangan tidak menyebar ke tempat lain, akibat spora jamur yang berterbangan. Untuk mencegah tumbuhnya jamur, segera keringkan bagian rumah atau perabot yang basah (misalnya karena kebocoran atau kebanjiran) dalam selang waktu 24 – 48 jam.
  4. Kurangi kelembaban udara di dalam ruangan hingga mencapai kisaran 30 – 60% untuk mencegah pertumbuhan jamur, antara lain dengan cara: memberi ventilasi pada kamar mandi, menggunakan de-humidifiers, dan menggunakan exhaust fan.
  5. Tidak menggunakan karpet adalah pilihan yang bijak bagi rumah-rumah yang berada pada daerah dengan tingkat kelembaban tinggi.

 

( RAHMA YULIANTI )
FOTO: JOU ENDHY PESUARISSA

LOKASI: KEDIAMAN KEL. ANTONIUS YOYON, TANGERANG